Langsung ke konten utama

SEO - Search Engine Optimization : Fungsi dan Tujuannya

Sudah sering dengar tentang SEO? Tapi kamu tahu nggak sih kenapa banyak banget brand yang ingin websitenya menggunakan teknik SEO? Sebelum mengaplikasikan teknik SEO, kita cari tahu dulu yuk arti dan fungsi dari SEO ini!

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization

Artinya SEO adalah sebuah cara optmiasi yang dilakukan agar website bisa berada di halaman pertama pada mesin pencari. Mesin pencari yang digunakan hampir 90% pengguna internet adalah Google. Selain Google ada juga Bing, Yahoo, Safari, dan mesin pencari lainnya. Jadi ketika membicarakan SEO, otomatis yang terpikir atau terbayangkan adalah sebuah cara yang digunakan untuk menjadi kan sebuah website menjadi halaman pertama ketika kita memasukan kata kunci di google.



Lalu jika website berada dihalaman mesin pencari, apakah ada pengaruhnya? Tentu saja ada. Yuk kita simak inilah 5 alasan mengapa SEO sangat penting untuk diterapkan pada sebuah website!

1. Hampir Setiap Orang Menggunakan Mesin Pencari
Artinya, orang-orang sangat percaya pada apa yang ditampilkan mesin pencari. Ada istilah, kalo apa-apa sekarang tinggal googling. Iya kan? Nah ucapan tersebut memang benar, hampir semua orang merasa mesin pencari selalu memiliki jawaban dari apa yang mereka cari. Nah, bayangkan jika semua orang yang menjadi target pasar bisnis atau brand kamu mencari 'apa yang kamu jual' lalu website-mu adalah yang paling direkomendasikan google di halaman pertama!

2. Paling Banyak Dilihat
Saat kita sedang googling, apakah kita melihat ke halaman 25? Tentunya kita akan lebih dulu melihat halaman pertama. Jadi ketika website kita berada dihalaman pertama mesin pencari, otomatis lebih banyak orang yang melihat apa yang kita jual. Besar kemungkinan, mereka akan mengunjungi website kita untuk mencari lebih banyak informasi tentang apa yang kita jual atau apa yang kita tulis sesuai dengan kata kunci yang dibuat.

3. Bisa Ditemukan Dengan Banyak Kata Kunci
Jika seseorang mengetikan sebuah kata kunci misalnya saja "harga motor", lalu muncul website kita dihalaman pertama, tidak menutup kemungkinan ketika kita mencari "harga motor bandung" atau "harga motor terbaru" website kita berada dihalaman pertama mesin pencarian. Itulah yang akan terjadi jika kita menggunakan teknik SEO dalam website kita. 

4. Webiste Lebih Terpercaya
Yes, sepercaya itu masyarakat saat ini dengan mesin pencari. Jadi kalo website kamu muncul di halaman pertama saat mencari sesuatu, misalnya 'penjual motor', maka otomatis orang yang mencari akan percaya bahwa website yang direkomendasikan google adalah benar-benar penjual motor seperti yang mereka cari. Nah ini juga nih yang bisa dijadikan senjata untuk melawan kompetitor, namun jangan ditiru ya! Kebanyakan ketika sebuah brand mengalama trust issue, misal diragukan kehalalannya, atau pernah ada orang yang merasa tertipu, maka ketika kita mengetikan kata kunci yang berkaitan dengan brand tersebut maka google juga akan menampilan kata kunci serupa. Misalnya saja Skema Ponzi, ketika kita mengetiknya di google akan ada beberapa konotasi negatif seperti 'penipu' atau 'penipuan'.

5. Sering Menjadi Conversi
Nah ini alasan yang paling sering dijadikan tujuan utama para pemilik website ataupun bisnis menerapkan teknik SEO. Karena memang ketika ada dihalaman pertama, kita bisa memiliki database calon konsumen (leads), sampai benar-benar para pengunjug website yang ingin membeli produk. Tentunya dengan kata kunci tertentu seperti 'beli', 'jual', dan 'harga'.

Gimana nih, sudah tahu alasan-alasan yang bikin kita harus memakai SEO untuk website bisnis maupun brand kita. Apakah kamu akan mulai melakukan Optimisasi pada website kamu?

Dua Jenis SEO yang Wajib Kamu Tahu!

Ada dua jenis SEO yang bisa kita lakukan saat melakukan optimisasi kata kunci untuk sebuah website. Yang pertama adalah SEO Onpage, yaitu  Optimasi yang dilakukan didalam website. Kita bisa mengoptimasi berbagai struktur dalam website seperti Headline, Internal backlink, Judul konten, Isi konten, kecepatan website, hingga tema yang responsif. SEO onpage biasanya berpengaruh hingga 30%  tekniks SEO. Sisanya adalah SEO Offpage. SEO Offpage adalah SEO yang dilakukan diluar website milik kita. Salah satu faktor yang berpengaruh besar adalah backlink, alias link dari website lain yang menautkan halaman website kita. Gimana, udah kebayang belum nih? Kalo belum, nanti kita bahas lebih lanjut tentang teknik SEO Onpage dan SEO Offpage ya, sekarang kita balik lagi dulu ke apa saja sih faktor yang mempengaruhi SEO di Google?

7 Faktor Utama SEO Sesuai Alogaritma Google


Komentar